Jakarta Arts, and Antique Seller - Berdagang Benda Antik dan Barang Tua, Benda Seni kayu/ logam, Jam vintage, NOS atau Seken
PLEASE dibaca::::::::
* Barang Antik/ Vintage/ Seken = Tidak Ada Yang Sempurna 100% seperti barang baru
* Teknologi jadoel tidak sebaik dan se-modern sekarang
* Kondisi bekas pakai/ seken, mmbt barang itu degradasi fisiknya. Jika ingin barang sempurna ada baiknya mencari produk modern saja, bukan antik.
* Khusus jam, saya tidak jual-beli item REPLIKA, semua yang ada disini adalah orisinal. Mohon jangan tanya apakah saya menjual jam KW-Reps.
* Shipping agen ekspedisi suka kasar & asal lempar, ada kasus jam tdk bekerja baik saat diterima pembeli. Pahami ini dengan kepala dingin krn problem ini diluar domain seller. Khusus jam otomatik, ini alat yg "delicate" dan sensitif dengan handling kasar saat dikirim.
* Shipping kadang terselip atau terlambat, pahami ini dengan bijaksana dan kepala dingin karena ini problem external diluar domain seller.
* Non garansi, Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan kecuali ada perjanjian lbh dulu
* * Perhatian: BARANG PECAH- RUSAK- HILANG saat diperjalanan oleh ekspedisi adl diluar tanggung jawab saya sbg seller. Tidak ada garansi untuk penggantian barang.
* Tidak ada pengembalian barang/ cancellation jika barang sudah dibeli buyer atau sudah diterima buyer.


11 December 2012

Dua Setrika Arang Beda Ukuran, Beda Keperluan

NOT FOR SALE

Setrika arang beda sizenya. Setrika besar untuk menyetrika cepat baju, celana, seprei dll dalam ukuran besar. Sedangkan setrika arang mini itu untuk merapihkan lipatan kerah atau wiron batik.

Wiron adalah lipitan bertumpuk dikain jarit batik yang dipakai oleh penduduk jawa pada umumnya dimasa lalu. Wiron ini tidak akan lurus dan rapih, netjis,  jika tidak dirapihkan dengan setrika mini itu. Garisnya ditekan pelan searah sejajar agar indah lipitan wiron. Saya ketika kecil sempat kok merasakan memakai setrika arang, baik besar ataupun yang kecil. Jaman itu setrika arang masih lumrah dipakai.

Khusus setrika mini ini, dia adalah milik dari Eyang Buyut saya, dari era 1800 an pertengahan. Setrika ini dipakai untuk membereskan jarit wiron dan baju kerjanya sebelum berangkat kerja sebagai Bupati disatu daerah di Jatim sana. Setrika lantas diambil oleh anaknya yakni Eyang putri dan sekarang kesaya. Bentuknya semua masih asli spt itulah. Paling tidak ada pembelajaran melalui foto ttg otentifikasi bentuk dan material dari sebuah setrika mini dinegara ini dari era 1800 an. Buat penggemar barang antik ada dua jenis tipenya: tipe pertama adalah mereka yg ngotot semua item dibarang itu harus otentik dan tidak boleh diganti oleh restorasi tambahan apapun (tidak perduli bagaimana jelek kondisi fisiknya, selama barang itu 100% asli maka nilainya tinggi, pokoknya harus asli otentik), dan tipe kedua adalah penggemar yang suka antik tapi sudah direstorasi atau mengganti parts yg hilang dikopi sama plek seperti dijaman dulu dengan goal barang kelihatan rapih bagus (mereka ini tidak begitu perduli soal keaslian 100% barang itu. pokoknya yang penting barang sudah direstorasi cakep mengkilat).

kongsi8.blogspot.com

Tag: vintage_iron, ironing, java_iron, 1900_iron, setrika_tua
















No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...