Jakarta Arts, and Antique Seller - Berdagang Benda Antik dan Barang Tua, Benda Seni kayu/ logam, Jam vintage, NOS atau Seken
PLEASE dibaca::::::::
* Barang Antik/ Vintage/ Seken = Tidak Ada Yang Sempurna 100% seperti barang baru
* Teknologi jadoel tidak sebaik dan se-modern sekarang
* Kondisi bekas pakai/ seken, mmbt barang itu degradasi fisiknya. Jika ingin barang sempurna ada baiknya mencari produk modern saja, bukan antik.
* Khusus jam, saya tidak jual-beli item REPLIKA, semua yang ada disini adalah orisinal. Mohon jangan tanya apakah saya menjual jam KW-Reps.
* Shipping agen ekspedisi suka kasar & asal lempar, ada kasus jam tdk bekerja baik saat diterima pembeli. Pahami ini dengan kepala dingin krn problem ini diluar domain seller. Khusus jam otomatik, ini alat yg "delicate" dan sensitif dengan handling kasar saat dikirim.
* Shipping kadang terselip atau terlambat, pahami ini dengan bijaksana dan kepala dingin karena ini problem external diluar domain seller.
* Non garansi, Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan kecuali ada perjanjian lbh dulu
* * Perhatian: BARANG PECAH- RUSAK- HILANG saat diperjalanan oleh ekspedisi adl diluar tanggung jawab saya sbg seller. Tidak ada garansi untuk penggantian barang.
* Tidak ada pengembalian barang/ cancellation jika barang sudah dibeli buyer atau sudah diterima buyer.


13 November 2012

SALE Setrika Arang Ayam Jago

Setrika Arang tua seken, used item, kepala ayam jago. Dipakai era kolonial dan pra revolusi hingga awal kemerdekaan di Batavia dan penduduk karisidenan dibeberapa daerah di Jawa. Salah benda wajib dikalangan priyayi dan tuan tanah kaya dijamannya untuk membuat pakaian tampak netjis. Besi solid, berat ditimang tangan.

Harga Rp 550.000

** Berat ditaksir skt 3 kilogram, mohon dihitung biaya shipping nya.

Catatan sejarah:
Sejarah asal muasal setrika dimulai 400 SM yakni oleh bangsa Yunani dan Kekaisaran Romawi. Diawal abad ke 17 dikenal nama  "sadiron" yakni besi panas press untuk merapihkan baju. Sekitar tahun 1800 ditemukan setrika gas dan listrik setelah kota kota di Eropa mempunyai tenaga listrik disetiap rumah disana. Diera yang sama, Hindia Belanda belum ada listrik dan setrika arang seperti inilah yang dimiliki oleh keluarga kaya lokal dan penduduk kolonial.

Tag: vintage_iron, ironing, java_iron, 1900_iron, setrika_tua


Buat yang tanya soal magnet nempel atau enga baca ini:

Setrika ayam yang orisinial dari era 1800-1900 an biasanya terbuat dari lempeng baja padat. Karena itu mereka sangat berat dan magnet dijamin menempel.
Pertengahan 1900 (sekitar perang kemerdekaan 1940 ke 1970 an) muncul varian baru setrika arang memakai bahan bukan baja murni. Konon kabarnya karena baja banyak dipakai membuat mesin perang sehingga dunia krisis baja, dan muncul setrika bahan oplosan antara baja dicampur, copper dan bronze. Setrika suvenir replika juga memakai bahan oplosan atau dari kuningan murni.

Di Google banyak penjelasan bagaimana membedakan antara baja, copper, alloy, bronze dll dengan memakai magnet. Ketikan kata kunci ini misal "does bronze stick to a magnet", maka akan keluar penjelasan.

Kesimpulannya= setrika ayam yg tidak menempel magnet bukan keajaiban. bukan barang langka, justru itu varian lain yang terpaksa dibuat belakangan akibat dunia kekurangan bahan baja akibat perang. Setrika arang yg asli pertama dibuat adalah dari bahan baja besi murni, bukan oplosan.

"When looking and testing materials to determine which is which, you may be able to use a heavy duty magnet. Because copper and bronze ARE NOT MAGNETIC with even the strongest of magnets, you can narrow down your options. 
Keep in mind that while brass is magnetic, it is very slight. If you take a very heavy duty magnet and hold it close to a brass object, chances are the object will attract to the magnet. If your magnet is strong enough, you'll at least be able to tell if your item is brass or not."




2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...