Jakarta Arts, and Antique Seller - Berdagang Benda Antik dan Barang Tua, Benda Seni kayu/ logam, Jam vintage, NOS atau Seken
PLEASE dibaca::::::::
* Barang Antik/ Vintage/ Seken = Tidak Ada Yang Sempurna 100% seperti barang baru
* Teknologi jadoel tidak sebaik dan se-modern sekarang
* Kondisi bekas pakai/ seken, mmbt barang itu degradasi fisiknya. Jika ingin barang sempurna ada baiknya mencari produk modern saja, bukan antik.
* Khusus jam, saya tidak jual-beli item REPLIKA, semua yang ada disini adalah orisinal. Mohon jangan tanya apakah saya menjual jam KW-Reps.
* Shipping agen ekspedisi suka kasar & asal lempar, ada kasus jam tdk bekerja baik saat diterima pembeli. Pahami ini dengan kepala dingin krn problem ini diluar domain seller. Khusus jam otomatik, ini alat yg "delicate" dan sensitif dengan handling kasar saat dikirim.
* Shipping kadang terselip atau terlambat, pahami ini dengan bijaksana dan kepala dingin karena ini problem external diluar domain seller.
* Non garansi, Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan kecuali ada perjanjian lbh dulu
* * Perhatian: BARANG PECAH- RUSAK- HILANG saat diperjalanan oleh ekspedisi adl diluar tanggung jawab saya sbg seller. Tidak ada garansi untuk penggantian barang.
* Tidak ada pengembalian barang/ cancellation jika barang sudah dibeli buyer atau sudah diterima buyer.


01 June 2018

SOLD HABIS: Keris Betok Omyang Jimbe Melati Tumpuk

SOLD
TERDJUWAL HABIS


Keris Betok Omyang Jimbe atau Putut Kembar adalah pusaka yang kontroversial. Bukan cuma asal usul dan bahan literatur mengenai ini yang nyaris tidak ada, juga karena gosip soal kekuatan mistik dia yang dapat dijadikan syarat ngelaku tertentu dikalangan orang yg percaya misal mendapatkan harta atau kekuasaan.

Beberapa Literatur mengatakan bahwa Umyang adalah nama seorang Empu yang hidup dimasa lalu. Dan karena itu, sebenarnya nama Umyang bukanlah nama dapur keris.

Namun meski demikian, masyarakat per-keris-an di Jawa Tengah dan Jawa Timur kerap kali atau bisa dibilang familiar dengan yang disebut sebagai keris dapur umyang. Cirinya adalah terdapat ukiran atau relief sepasang manusia (kadang disebut puthut atau badjang) di sebelah kanan dan kiri dapurnya (gandhik atau kadang di bagian wadidang). Sepasang manusia tersebut saling membelakangi – dengan posisi tangan menyembah atau menengadah. Ciri tambahan lain (tidak selalu ada) adalah terdapat tulisan huruf jawa, relief beringin, payung, dan padi kapas di bilahnya. Namun, banyak juga keris Omyang yang polosan dan sederhana.

Istilah yang baku untuk keris umyang ini sebenarnya adalah Keris Dapur Puthut (kembar). Jadi bisa dibilang bahwa keris umyang adalah istilah pasar bagi keris dapur Puthut (Kembar).

Apakah Empu Ompyang selalu (atau yang) membuat keris dapur Puthut Kembar ? Tidak bisa dipastikan demikian. Hanya saja dalam literatur-literatur disebutkan bahwa Empu Ompyang adalah seorang seorang empu yang senior, sangat mumpuni dan master piece dalam membabar pusaka.

Data pusaka:
Betok
Putut Kembar
Pamor melati tumpuk (rejeki selamat, harum terkenal)
Panjang Wesi ke Pesi 32-33cm
Estimasi Pajang

HARGA: Rp. 3.700.000

Catatan
*Maharkan tosan aji bila ada rasa suka dan sreg, menjaga budaya kita, kagum dengan kesulitan pembuatannya, keindahannya, filosofi dan doanya. Jangan karena unsur mistiknya
* Semua barang antik yg dijual tidak ada garansi
* Barang antik adalah barang seken, pahami ini jika kodisinya beda dg barang baru
* Tidak ada retur. Deskripsi barang sudah dijelaskan dengan detail dan pakai foto

Wallahuallam bisawab. Semua kekuatan hanya ada ditangan Tuhan YME.









1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...